Menu Close

Ketahui Apa Saja Komponen Biaya Umroh

Perjalanan umrah ke Tanah Suci kini bisa dilakukan baik secara reguler maupun backpacker. Umrah reguler berarti jemaah membeli paket wisata lewat agen perjalanan.

Dalam paket wisata reguler, jemaah biasanya dijanjikan fasilitas-fasilitas seperti tiket pesawat hingga penginapan. Tentu, biaya umrah pun akan disodorkan di muka agar bisa bergabung dalam paket umrah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, komponen apa sajakah yang memengaruhi biaya umrah? Komponen-komponen itu tentu menentukan besaran biaya umrah yang mesti dibayarkan oleh calon jemaah.

Salah satu penulis buku “Umroh Backpacker: A to Z Ala Backpackeran”, Elly Basrah Lubis mengatakan komponen-komponen biaya umrah yang biasa ditawarkan oleh travel agent yaitu tiket pesawat, land arrangement, biaya suvenir, jasa handling, manasik, biaya memberangkatkan ustaz/ustazah, biaya pemasaran, margin perusahaan, dan biaya-biaya lain.
“Kalau komponen terbesar itu dalam umrah itu di harga tiket,” kata Elly kepada KompasTravel beberapa waktu lalu di Bekasi.

Tiket pesawat yang ditawarkan oleh travel agent biasanya rute Jakarta – Jeddah. Untuk program umrah plus seperti umrah plus Turki biasanya, nantinya akan dikenakan biaya tambahan untuk pesawat.

Untuk land arrangement, biaya umrah mencakup fasilitas-fasilitas selama di Saudi. Biaya itu seperti penginapan, transportasi, dan konsumsi selama umrah. Komponen lainnya adalah ustadz atau ustadzah.

“Umrah reguler itu ada biaya untuk memberangkatkan ustadz atau tour leader. Ustadz di sana nanti untuk membimbing jemaah umrah,” tambah perempuan yang akrab disapa Mbak Butet itu.

Menurut Elly, biaya ustadz/ustadzah dibebankan kepada jemaah. Ada travel agent yang memberlakukan 10:1 yang artinya adalah setiap 10 orang akan diberangkatkan 1 ustadz.

Dalam umrah reguler, jemaah biasanya diminta untuk membayarkan biaya koper, seragam ihram, ID card, buku doa, buku angkatan, atau suvenir lainnya. Biaya handling adalah biaya untuk mengurus barang-barang bawaan umrah.

Biaya lain yang dibebankan kepada jemaah adalah biaya manasik. Manasik adalah pelatihan hal-hal yang berhubungan dengan ibadah umrah nantinya.

Tentang biaya marketing, menurut Elly, setiap travel agent punya kebijakan masing-masing. Ada yang menghitung dalam rupiah, maupun dollar.