Menu Close

Dokumen yang Diperlukan untuk Umroh

Umroh merupakan ibadah yang sangat berat. Tidak semua orang bisa melaksanakannya. Selain karena membutuhkan persiapan fisik, mental dan finansial, kesiapan dokumen juga harus benar-benar dipenuhi. Hal ini dikarenakan perjalanan umroh adalah perjalanan lintas negara ke Saudi Arabia. Jadi jangan sampe perjalanan umroh kita terganggu bahkan batal dikarenakan permasalahan dokumen. Sehingga kelengkapan dokumen adalah syarat mutlak.

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Paspor asli yang masih berlaku (minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan) dengan nama yang memiliki 3 suku kata, misalnya Arif Rahman Hakim. Untuk keperluan paspor umroh diperlukan surat rekomendasi dari Travel dan Kemenag. Mintalah kepada travel anda untuk membantu mengurusnya.

Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)

Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)

Akta Lahir (asli dan fotokopi, berlaku bagi calon jamaah yang masih berusia di bawah 17 tahun)

Surat Keterangan Mahram (khusus jamaah wanita yang usianya kurang dari 45 tahun wajib didampingi suami atau mahramnya)

Sertifikat Vaksin Meningitis (Kartu Kuning). Diperoleh di kantor Kesehatan Pelabuhan (Kespel) terdekat. Mintalah kepada travel anda untuk mendaftarkan suntik karena pendaftarannya online.

Tiket Pesawat asli Indonesia-Saudi Arabia PP. Biasanya diurus oleh travel.

Visa Umroh. Dokumen ini wajib dimiliki karena merupakan dokumen yang menyatakan bahwa anda diizinkan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk memasuki tanah suci guna berumroh. Diurus travel.

Bukti booking hotel dan transportasi selama di Arab Saudi (Land Arrangement). Diurus travel.

Pasfoto terbaru. Foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Background putih dan tampak wajah 80%.

Handling contact person atau nomor telepon dari orang yang bertanggung jawab di Arab Saudi atas perjalanan umrah yang hendak Anda lakukan. Diurus travel.