Menu Close

Alur Pendaftaran Umroh

Beribadah umroh ke tanah suci adalah impian bagi setiap ummat Muslim di dunia khususnya di Indonesia. Banyak keutamaan yang diperoleh dari ibadah tersebut. Selain memperoleh pahala dan ganjaran dari Allah SWT, berumroh juga menjadi sarana dilimpahkannya keberkahan rezeki dan sarana berziarah ke berbagai tempat bersejarah di Mekkah dan Madinah. Sehingga selayaknya bagi seorang Muslim mengazamkan diri untuk bisa beribadah umroh suatu saat nanti.

Nah, bagi anda yang dalam waktu dekat ini memang berencana berangkat umroh, kiranya perlu untuk memahami alur pendaftaran umroh. Walaupun terdapat sedikit perbedaan tergantung pada kebijakan travel masing-masing. Secara garis besar, semua travel mempunyai alur yang sama.

Alur Pendaftaran Umroh

Mempersiapkan fisik, mental dan finansial.

Maksudnya adalah anda harus benar-benar meniatkan untuk berangkat umroh lillahi ta’ala, sehingga umroh anda bernilai pahala di sisi-Nya. Selain itu anda juga perlu mempersiapkan fisik karena umroh menuntut kondisi badan yang prima. Akan sangat merepotkan jika anda jatuh sakit saat di tanah suci. Dan jangan lupa juga kesiapan finansial karena umroh bukan perjalanan yang murah.

Melengkapi Dokumen-Dokumen yang Diperlukan

Perjalanan umroh merupakan perjalanan lintas negara sehingga kesiapan dokumen sangat vital. Kurang saja satu dokumen, bisa jadi membuat umroh anda batal. Dokumen-dokumen utama untuk berangkat umroh adalah paspor, visa, kartu kuning dan tiket pesawat PP. Selain itu terdapat pula dokumen pelengkap lainnya seperti KTP, KK, Surat Nikah dll yang bisa anda pelajari di sini.

Membayar Down Payment (DP)

Setelah mendaftar dan melengkapi dokumen, anda biasanya diminta untuk melunasi biaya DP. Nominalnya bervariasi sesuai kebijakan travel dan harga paket umroh yang anda beli. Namun umumnya berkisar di nominal 5-10 juta. Biaya DP biasanya digunakan travel untuk mem-booking tiket pesawat dan paket land arrangement (LA) karena harus dipesan jauh-jauh hari.

Mencicil Pelunasan Biaya Umroh

Setelah membayar DP anda selanjutnya diminta untuk mengangsur pelunasan ongkos umroh. Travel biasanya mensyaratkan lunas 100% satu bulan menjelang tanggal keberangkatan. Nah, sambil menunggu keberangkatan, anda biasanya mendapatkan perlengkapan umroh dan mengurus suntik vaksin (kartu kuning).

Jeda waktu ini sebaiknya anda gunakan untuk memantapkan kesiapan baik itu fisik, mental dan ilmu-nya. Pelajari bagaimana tata cara umroh sesuai tuntunan Nabi, pelajari percakapan bahasa Arab dan persiapan lain yang menunjang perjalanan umroh anda. Sssttt… pada jeda waktu ini travel biasanya mengurus kelengkapan lain seperti visa, tiket pesawat dan land arrangement. Jadi anda jangan sungkan-sungkan menanyakan perkembangannya kepada pihak travel.

Manasik Umroh

Menjelang tanggal keberangkatan, travel biasanya akan mengadakan manasik. Saat manasik ini, jamaah akan dibekali pengetahuan teknis umroh meliputi do’a-do’a, rukun dan syariat umroh maupun teknis perjalanan. Travel biasanya akan mensosialisasikan juga kepada anda mengenai itinerary perjalanan, visa, jadwal keberangkatan pesawat dll. Akan ada banyak informasi yang disampaikan di waktu menjelang keberangkatan. Jadi anda harus senantiasa up to date ya.

Keberangkatan Umroh

Voila… Akhirnya setelah penantian yang berdebar-debar saatnya anda berangkat ke tanah suci. Hal ini dilakukan jika semua kelengkapan untuk berangkat umroh 100% diselesaikan oleh travel. Nah, sering-seringlah untuk berkomunikasi dengan pihak travel mengenai teknis keberangkatannya. Kadangkala anda diminta untuk langsung berkumpul masing-masing di meeting point di bandara atau bisa jadi berangkat bersama-sama dengan semua jamaah. Tergantung kebijakan masing-masing travel. Yang jelas, menjelang saat-saat ini pastikan diri anda siap 100% lahir batin untuk berangkat ke tanag suci. Jangan sampe masih ada urusan-urusan duniawi yang menganggu. Alhamdulillah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.