Menu Close

Tata Cara Membuat Buku Kuning Meningitis

Tata cara Pembuatan Vaksin Miningitis Umroh & Haji_0853 3565 7374

Vaksin meningitis adalah vaksin yang disuntikkan kepada para jamaah haji dan umroh dengan tujuan untuk mencegah penularan meningitis meningokokus (radang otak) ketika berada di tanah suci.

Saat ini, tidak semua rumah sakit atau klinik punya wewenang untuk melakukan suntik meningitis dan menerbitkan Buku Kuning. Suntik meningitis hanya bisa dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan rumah sakit/klinik khusus yang berwenang.

Sebagai bukti Jamaah telah disuntik vaksin meningitis, jamaah akan mendapatkan Buku Kuning bertuliskan International Certificate of Vaccination Prophylaxis (ICV) yang asli.

Informasi di Buku Kuning memuat nama, alamat, jenis kelamin, jenis vaksin, nomor batch, nomor kode buku, tanggal penyuntikan, dan nama dokter.

Biaya untuk pembuatan Buku Kuning berkisar antara Rp 300.000 – Rp 400.000 per orang.

Syarat Pembuatan Buku Kuning

Untuk membuat Buku Kuning jamaah harus mempersiapkan hal-hal berikut.

  1. Daftar online di alamat https://sinkarkes.kemkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add (siapkan foto KTP atau paspor sebelum melakuan pendaftaran online).
  2. Fotokopi KTP & KK
  3. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar dengan background warna merah atau biru

*Catatan: Setelah berhasil melakukan pendaftaran online calon jamaah akan menerim formulir pendaftaran dan tanda terima ke email calon jamaah. Kedua form tersebut di bawa ke KKP bersama persyaratan no 2 -3.

Masa Berlaku Vaksin Meningitis

Suntik vaksin meningitis harus dilakukan maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan, karena kekebalan vaksin meningitis baru akan bereaksi setelah 2 minggu pasca penyuntikan.

Efek suntik vaksin meningitis akan bertahan selama 2 tahun. Apabila Jamaah sudah pernah melakukan suntik meningitis maksimal 2 tahun sebelumnya, Jamaah tidak perlu melakukan suntik meningitis lagi. Jamaah hanya perlu membawa Buku Kuning nya saja saat pergi umroh atau haji.

Tips Suntik Vaksin Meningitis 

  • Suntik wajib untuk berangkat Umroh adalah suntik vaksin meningitis, sementara suntik influenza tidak wajib
  • Jamaah melakukan suntik meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terdekat dengan lokasi tempat tinggal.
  • Jam pelayanan KKP 08.00 s/d 13.00 dari hari Senin – Jum’at
  • Sarapan atau makan siang sebelum melakukan suntik
  • Informasikan ke petugas jika Jamaah mengidap alergi
  • Usahakan tidak begadang sebelum suntik meningitis
  • Tidak menum obat atau vitamin apapun 12 jam sebelum suntik miningitis

Alamat Kantor Pelayanan Pelabuhan (KKP) Malang : Jalan Raya Abdul Rachman Saleh No.07, Krajan, Asrikaton, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur 65154 https://goo.gl/maps/BsGJK7h2T6eQoZsAA