0341-3021462 | 0856 3564 500
hajiumrohmalang@gmail.com


Perjalanan Religi El Loco Gonzales

05/09/2016 Info

Christian Gonzales. Penyerang jempolan Arema ini lahir dan tumbuh di Uruguay 39 tahun silam, Gonzales baru mulai bersentuhan dengan Islam ketika ia merumput di Indonesia. Pada akhirnya ia pun bulat menjadi Muslim tahun 2003.

Pesebak bola yang memiliki nama lengkap Christian Gerard Alfaro Gonzales dilahirkan di Monteveido, Uruguay pada tanggal 30 Agustus 1977 dari seorang ayah angkatan militer bernama Eduardo Alfaro dan ibu seorang suster di rumah sakit Montevideo bernama Meriam Gonzales. Perkenanalnya dengan Agama Islam dimulai ketika Gonzales bertemu dengan seorang wanita beragama Islam asal Indonesia, Eva Nurida Siregar di Cile, Amerika latin pada tahun 1994. Saat itu Eva menekuni salsa di sekolah Vinadelmar. Lama berkenalan akhirnya Gonzales menyimpan hati pada Eva. Dan tak lama kemudian Cintanya berbalas. eva mempunyai peran penting dalam mengenalkan islam kepada Gonzales, ia berulang kali menjelaskan tentang ajaran Islam yang dianutnya.

Kebiasaan wanita yang biasa dipanggil Amor oleh Gonzales ini, selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT sebelum el loco bertanding. Dalam berdoa terkadang Eva sengaja mengeraskan suara dengan harapan Gonzales dapat mendengarnya. Kebiasaan inilah yang membuat Gonzales mulai tertarik dengan ajaran Islam. Ia sendiri tidak akan beranjak pergi sebelum kekasihnya selesai berdoa. Karena dari doa inilah Gonzales menemukan kedamaian dan ketenangan yang selama ini tidak didapatkan dari agama yang dianut sebelumnya. Doa ini pula yang membuat dirinya semakin bersemangat dan optimis setiap kali bertanding di lapangan hijau. Tidak hanya itu, Gonzales terkadang memperhatikan kebiasaan Eva yang selalu mengucapkan bismilah ketika mau melakukan sesuatu atau mengucapkan istighfar ketika dihadapkan pada konflik, serta ucapan lainnya yang menjadi doa umat Islam.

Maka tepat pada tanggal 9 Oktober 2003 Christian Gonzales memutuskan untuk masuk Islam atas dasar kemauan sendiri dengan disaksikan oleh ustadz Mustafa di Mesjid Agung al Akbar Surabaya. Christian Gerard Alfaro Gonzales kemudian diberi nama Mustafa Habibi. Nama Mustafa diambil dari guru spiritualnya, ustadz Mustafa sedangkan Habibi (cintaku) diambil karena rasa cinta sang istri amat besar kepada Christian Gonzales.

Pemain yang sudah malang-melintang di berbagai klub Indonesia ini mengaku sulit dalam mempelajari Islam. Termasuk belajar Alquran dan doa-doa. Tapi beruntung, Eva yang menjadi pendamping hidupnya dengan setia memberikan bimbingan.

Sang ibu, Meriam Gonzales saat dikabarkan keislaman anaknya, menerima dengan ikhlas agama yang dipilih anak tercintanya, ia hanya berharap anaknya meraih kesuksesan di masa depan. Namun untuk menjalin hubungan keluarga, Gonzales dan Eva setiap hari tidak ketinggalan menghubungi ibunya, hanya sekedar menanyakan kabar dari negara nun jauh di sana. Dengan bimbingan Ustadz Mustafa, Gonzales mulai mengenal Islam lebih dalam. Selain Ustadz Mustafa, ada  Hj Fatimah, ulama terkenal asal Mojosari dan Hj. Nurhasanah turut menjadi guru spiritual Gonzales. Bahkan Majlis Ulama Gresik sendiri sampai mengangkat Gonzales beserta keluarganya sebagai anak angkat mereka.

Pemain yang saat ini merumput di Arema, dalam setiap kesempatan selalu mengadakan pengajian dan bakti social bersama anak-anak yatim, kegitanan ini menjadi rutin dibulan-bulan suci ramadhan. Pada tahun 2012 Gonzales bersama istri menunaikan umroh, ada rasa yang berbeda saat keduanya menjalan ibadah umroh dimana El Loco berangkat sesat setelah memenangi pertadingan, dan umroh menjadi bentuk rasa syukur pasangan ini kala itu.

Rasa rindu akan tanah suci kembali dirasakan Gonzales, kembali mencium Kahbah bersama keluarga menjadi keinginanya tahun 2016, terlebih setelah cidera tulang rusuk yang menimpa Gonzales beberapa bulan lalu, keinginan untuk kembali umroh sebagai wujud syukur cidera yang diderita tidak separah yang disebutkan dokter.

Saat ini Arema bersama Gonzales tengah mengikuti liga ISL putran kedua, dimana arema saat ini berada di 3 puncak klasemen. Gonzales dan keluarga merencanakan ibadah Umroh 2016 ini di bulan desember berasama travel AR ROSYID Umroh & Haji Khusus.

*diolah dari berbagai sumber

 



Tentang Penulis

-

Posting terkait dengan Perjalanan Religi El Loco Gonzales