Menu Close

Petugas Sektor Khusus Meninjau Pos Pelayanan Masjid Al-Haram

Kabid Linjam PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis (tengah), meninjau pos-pos yang disediakan oleh Sektor Khusus Masjid Al Haram untuk melayani jamaah haji Indonesia, Kamis

Tim Sektor Khusus PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah, Kamis (11/7) sore waktu Arab Saudi, meninjau pos-pos pelayanan jamaah di Masjid al-Haram. Hal tersebut bertujuan agar petugas haji Indonesia itu bisa memahami titik-titik pelayaan kepada jamaah haji Indonesia.

Peninjauan ini dipimpin langsung Kabid PPIH Arab Saudi Jaetul Muchlis. Seluruh anggota Sektor Khusus ini diajak meninjau seluruh lokasi pos petugas yang ada di Masjid al-Haram.

Ada enam pos di Sektor Khusus Masjid al-Haram ini, yaitu, Pos 1 di pintu keluar bukit Marwah, Pos 2 di dalam masjid, Pos 3 di bawah gedung Zamzam Tower. Kemudian, Pos 4 di depan hotel Daurut Tauhid, Pos 5 di dekat Hijr Ismail, dan Pos 6 ada di dekat Syib Amir dekat pintu Babussalam. Kepada seluruh petugas Sektor Khusus itu, Muchlis menjelaskan secara rinci tugas-tugas dan peran dari setiap pos. Misalnya, di Pos 1 yang terletak di dekat pintu keluar Bukit Marwah.

“Kenapa kita gelar pos di sini. Karena ini krusial. Awal-awal kedatangan jamaah pasti berakhir di sini setelah melewati rangkaian umrah,” kata Muchlis.

Sehingga, jamaah yang baru pertama kali ke Makkah, kemungkinan tidak mengetahui kemana arah untuk kembali ke hotelnya. Karena itulah, petugas yang berada di pos ini akan mengarahkan jamaah tersebut ke halte bus sesuai arah hotelnya.

“Inilah keuntungan adanya zonasi. Jadi ketika ada jamaah yang bertanya ingin kembali ke hotel, kita tinggal bilang silakan ke arah bus yang rutenya ke arah zonasi pemondokannya,” kata Muchlis.

Kemudian, Muchlis juga menerangkan soal Posko 6. Lokasi pos ini terletak tidak jauh dari pintu masuk Babussalam. “Ini juga penting, karena sesuai sunnahnya mau umrah masuknya lewat Babussalam,” kata Muhclis.

PPIH Arab Saudi memiliki dua sektor khusus untuk melayani jamaah, yaitu sektor khusus Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi. Untuk Sektor Khusus di Makkah,  merupakan salah satu dari 12 sektor yang ada di PPIH Arab Saudi Daker Makkah. Namun, profil atau karakteristik sektor khusus ini berbeda dengan 11 sektor lainnya. Sebanyak 11 sektor tersebut fokus melayani jamaah di permukiman.

Sedangkan Sektor Khusus ini, memberi perhatian kepada perlindungan, pelayanan, dan pembinaan jamaah khusus di Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi. Seluruh umat muslim dari seluruh dunia yang berhaji pasti semuanya menuju ke dua masjid tersebut.

sumber: ihram