Menu Close

Indramayu Siap Jadi Embarkasi Haji

Kabupaten Indramayu telah menyiapkan lahan untuk menjadi embarkasi haji penunjang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) pun mendukung langkah Kabupaten Indramayu untuk menjadi embarkasi haji.

Didukung Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

“Saya akan buat surat untuk mendukung Indramayu menjadi embarkasi haji,” tegas gubernur yang akrab disapa Aher itu, saat meresmikan Islamic Center Syekh Abdul MananIndramayu, Jumat (1/6) malam.

Aher pun mengapresiasi inisiatif dan gerak cepat yang dilakukan Pemkab Indramayu agar dipilih oleh pemerintah pusat untuk menjadi embarkasi haji. Saat ini, Pemkab Indramayu sudah menyiapkan lahan seluas sepuluh hektare untuk dijadikan sebagai lokasi embarkasi haji.

“Daerah lain belum bergerak, Indramayu sudah bergerak dengan menyiapkan lahan sepuluh hektare,” tutur Aher.

Kenapa Indramayu?

Aher pun menilai, waktu tempuh dari lokasi yang akan dijadikan sebagai embarkasi haji diKabupaten Indramayu ke BIJB Kertajati cukup singkat, yakni sekitar 30 menit. Karenanya,Kabupaten Indramayu tepat jika dijadikan sebagai lokasi embarkasi haji.

Namun, Aher mengakui, keputusan akhir mengenai pemilihan lokasi embarkasi haji penunjangBIJB Kertajati ada di tangan Pemerintah Pusat. Pemprov Jabar hanya membantu membantu pengajuan usulan tersebut.

Seperti diberitakan, rencana beroperasinya BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka sebagai tempat pemberangkatan haji, membutuhkan embarkasi haji. Kabupaten Indramayu sebagai tetangga pun siap dan layak menjadi embarkasi haji.

Rencana Lokasi Embarkasi

Kesiapan dan kelayakan Kabupaten Indramayu untuk dibangun embarkasi haji pun telah ditinjau langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI, Nizar, Senin (28/5) lalu. Dia pun telah melihat langsung tanah yang disiapkan Pemkab Indramayu untuk dibangun embarkasi haji tersebut.

Peninjauan lokasi itu merupakan tindak lanjut atas usulan dari Bupati Indramayu, Anna Sophanah, yang telah melakukan ekspose usulan pembangunan embarkasi haji diKabupaten Indramayu, di Jakarta, pada 14 Mei 2018 lalu.

“Kabupaten Indramayu sudah cukup siap karena telah memiliki tanah milik Pemkab Indramayu,” tutur Nizar, di sela peninjauan lokasi tersebut.

Wakil Bupati Indramayu, Supendi mengatakan, pihaknya mengusulkan lokasi di belakang kampus Polindra yang ada di Kecamatan Lohbener, sebagai calon lokasi embarkasihaji. Menurutnya, lokasi embarkasi haji itu tidak jauh dari pusat kota dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

“Disitu ada tanah milik Pemkab Indramayu,” tandas Supendi.